Selasa, 12 Juli 2011

TEKA - TEKI

Selama ini manusia selalu bersyarat untuk dapat menghargai semua bentuk kehidupan. Mereka harus memperhatikan latar belakang dan berbagai macam persyaratan lainnya. Contoh : Jika ada seorang gelandangan atau seorang pemulung sampah menyampaikan ayat - ayat agama dari kitab suci tertentu, biasanya orang lain akan mudah bersikap masa bodoh terhadap omongannya, bahkan mungkin tidak mau mempercayainya. Namun jika apa yang di sampaikan oleh pemulung sampah atau gelandangan tadi disampaikan oleh seorang pemuka agama yang penampilannya agamis, maka secara otomatis orang lain sangat menghargai dan mudah mempercayai apa yang disampaikannya tersebut, padahal apa yang di sampaikan oleh pemuka agama tersebut sama persis dengan apa yang disampaikan oleh gelandangan atau pun pemulung sampah tersebut, tetapi tanggapan dari pendengarnya bisa sangat jauh berbeda, karena yang menyampaikannya berbeda keadaan dan latar belakang lainnya, walaupun yang disampaikannya sama.

Dari kejadian yang sering terjadi tersebut membuktikan bahwa selama ini kita penuh dengan persyaratan untuk dapat menghargai orang lain.

Seorang juga sering mendapat perlakuan yang berbeda hanya karena ia kaya atau miskin. Beberapa orang sering menghormati tamunya secara berlebihan jika tamunya itu seorang yang kaya raya, namun perlakuannya sangat berbeda jika orang itu dikunjungi oleh seorang tamu yang miskin. Ada pula orang yang senang berziarah ke makam - makam para wali yang dianggap sakral, sementara makam orang yang sering berjasa dalam kehidupannya, seperti makam orang tuanya atau keluarganya, atau kerabatnya tidak pernah ia kunjungi. Dalam memperlakukan orang yang berwajah tampan atau pun cantik dengan orang yang berwajah jelek juga sangat berbeda. Kita mudah memperhatikan cara masyarakat memperlakukan orang lain dengan latar belakang yang berbeda - beda jika kita mau. Banyak sekali perbedaan perlakuan dan tanggapan atas sesuatu yang disebabkan oleh perbedaan latar belakang serta keadaan.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda