Senin, 04 Juli 2011

WARNA - WARNI KEHIDUPAN

WARNA - WARNI KEHIDUPAN

Pada dasarnya hampir setiap manusia memiliki keinginan yang yang dapat tersimpan di alam bawah sadarnya, keinginan inilah yang selalu mendorong manusia untuk melakukan sesuatu. Keinginan yang di anggap baik atau buruk dapat timbul jika ada faktor - faktor pendorong, masalahnya dapatkah kita mampu mengendalikan panca indra kita, agar tidak di perbudak oleh berbagai keinginan. Beberapa orang menganjurkan agar kita membuang keinginan yang tidak mungkin kita raih, di buang dari hati kita, bukan disimpan atau dipendam dalam hati, memang tidak mudah tapi bisa di lakukan. Cara lainnya berdoa kepada Tuhan dan berserah diri kepada Nya.

Terbebaskan dari belenggu harapan maka jiwa kita dapat tentram.

Keinginan yang berasal dari ego lebih sering mendominasi manusia, misalkan keinginan memiliki kendaraan mewah untuk tujuan pamer, keinginan untuk paling tampan / cantik, keinginan untuk jadi paling hebat, dan sebagainya. Keinginan - keinginan yang bersumber dari ego tersebut dapatmemudah- kan manusia jatuh ke dalam kamma / dosa tanpa mereka menyadarinya.

Menyadari bahwa hidup ini adalah seperti roda, kadang berputar di atas, kadang di samping, kadang di bawah, dan menyadari hakikat kebersamaan seluruh mahluk yang ada di alam semesta ini, akan mudah bagi manusia menepis egonya.

Kadang manusia berusaha mewujudkan keinginannya dengan cara - cara yang tidak di ridhoi oleh ajaran - ajaran agama sesuai dengan petunjuk yang ada dalam kitab - kitab suci, mereka tidak sadar bahwa cara - cara yang mereka lakukan dapat menimbulkan kamma atau dosa baru pada diri mereka, sehingga kesenangan yang mereka dapat tidak sebanding nilainya dengan penderitaan yang akan mereka tanggung pada kelahiran mereka berikutnya.










































0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda